Kamis, 02 Februari 2012

Kehidupan Iman dan Persekutuan Kristen

Oleh : Fredy Umbu Bewa Guty

(Bacaan : Kolose 3 : 5 – 17)


Dalam hal ini tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu. (Kolose 3 : 11)

Walaupun bukan Rasul Paulus yang mendirikan jemaat Kolose, namun ia merasa berkepentingan untuk menyampaikan nasehatnya karena banyaknya ajaran dan guru-guru palsu yang menyesatkan jemaat. Inti sari surat Kolose adalah bahwa Tuhan Yesus sanggup memberi keselamatan yang sempurna dan ajaran-ajaran lain hanya menjauhkan orang dari Kristus. Selanjutnya Rasul Paulus menguraikan ajaran yang agung itu dengan kehidupan Kristen yang nyata.

Perikop bacaan ini berjudul “Manusia Baru”. Manusia baru adalah mereka yang oleh Rasul Petrus dikatakan sebagai orang yang terpilih dan terpanggil keluar dari kegelapan masuk kepada terangNya yang ajaib. (Lihat I Petrus 2 : 9)

Manusia baru adalah orang yang percaya kepada Tuhan Yesus dan karena kepercayaannya itu ia menerima anugerah keselamatan. Sebagai manusia baru ia hidup dalam pembaharuan dan terus menerus dibaharui oleh Firman Allah. (Lihat II Korintus 5 : 17)

Demikian pengantar singkat bahan Penelaahan Alkitab (PA) GMKI Salatiga yang akan dilaksanakan pada hari Jumat, 3 Februari 2012, pukul 17.00 WIB sampai selesai, bertempat di Selasar Depan Gedung E123 Kampus UKSW. PA ini akan dibawakan oleh Nn. Yuliana Nuhamara (anggota GMKI Salatiga). Kepada segenap civitas GMKI diundang untuk ikut mengambil bagian dalam PA tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar