Kamis, 26 Juli 2012

Melihat Hambatan Sebagai Peluang

Oleh: Evan Adiananta

Bekerja sama dengan Yayasan Bina Darma (YBD), Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (PP GMKI) mengadakan “Training Kewirausahaan Berbasis Potensi Lokal” untuk GMKI se-Indonesia. Dari 81 cabang yang ada, hanya 17 cabang yang menghadiri hari pertama training ini (25/7).

“Karena ini adalah program di bidang kewirausahaan, yang masih baru terbentuk (dua periode lalu – Red), maka kita ingin memperkenalkan bidang ini ke semua anggota GMKI di seluruh cabang,” kata Santo Gotia, Sekretaris Fungsional Kewirausahaan PP GMKI.

Santo menekan pula, bahwa dengan training ini peserta bisa menerapkan apa yang sudah mereka dapatkan. Sehingga, ketika pulang ke cabang masing-masing, dapat mengembangkan kemandirian cabang.

“Meskipun kita tidak bisa melihat perubahannya langsung, tapi untuk 4-5 tahun ke depan kita bisa merasakan perubahannya. Dan kita juga menyadari bahwa ini tidak akan bisa hanya dengan 4 hari pelatihan ini saja,” ungkap Santo.

“Awal Agustus nanti, kita juga akan mengadakan follow up pelatihan ini, khusus untuk pulau Jawa dulu,” tambahnya.

Andeka Rocky Tanaamah, biasa dipanggil Rocky, datang sebagai pemateri tunggal hari pertama, di sesi satu. Selaku senior GMKI dan Sekretaris YBD, ia menekankan bahwa berwirausaha itu penting untuk keberlangsungan dan kemandirian GMKI di tiap cabang.

“Selama ini GMKI seringnya hanya bawa proposal datang ke senior untuk minta uang. Dengan adanya ini, nanti kalian bisa datang terakhir kalinya ke senior, hanya untuk minta modal awal berwirausaha, setelah itu kalian bisa berjalan dengan mandiri,” tegas Rocky.

Standy Christianto, salah satu peserta dari cabang Purwokerto sempat bertanya apa kenikmatan menjadi wirausahawan. “Dengan berwirausaha, kamu bisa bebas, semuanya kamu kerja sendiri dan hasilnya untuk diri sendiri. Bayangkan jika kamu bekerja di sebuah perusahaan milik orang lain,” jawab Rocky.

“Seorang wirausahawan sejati tidak akan melihat hambatan sebagai masalah, tapi melihat hambatan itu sebagai peluang. Dan kalian harus bisa melihat peluang itu dari potensi lokal yang ada di daerah kalian,” pesan Rocky.

0 komentar:

Posting Komentar