Minggu, 22 Juli 2012

Menulis; Mencitrakan Diri

Oleh : Fredy Umbu Bewa Guty 


Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) cabang Salatiga mengadakan Pelatihan Menulis pada Sabtu (21/7). Pelatihan yang diikuti oleh sekitar 15 orang itu, mengambil tempat di Ruang Rapat Lembaga Kemahasiswaan Universitas Kristen Satya Wacana.

Semuel S. Lusi turut hadir sebagai salah seorang pelatih. Dia adalah salah penulis buku motivasi The Real You The Real Success terbitan Gramedia Pustaka Utama, serta Senior Member GMKI. Sem (panggilannya), menyampaikan sesi Motivasi Menulis, dengan membawa materi yang bejudul “Menulis Itu Asyik; Sebuah ProvoAksi”.

“Menulis itu sama seperti mencitrakan diri anda sendiri. Kalau tulisan anda jelek maka itu diri anda,” kata Sem. Ia juga mengatakan, kegiatan menulis yang dilakukannya itu dapat menjaga idealismenya, sekaligus bisa menghidupinya secara ekonomi. “Sambil latihan renang di Muncul, tiba-tiba dapat sms kalau royalti dari buku sudah masuk ke rekening,” tambah dia.

Pada sesi tanya jawab, salah seorang peserta kegiatan bertanya tentang bagaimana mengelola tulisan sehingga dapat sesuai dengan patokan jenis tulisan ideal, seperti artikel, feature, opini, dan lain sebagainya. Sem dengan singkat menjawab, “Yang penting menulis. Tulis saja!” kata Sem. Di akhir sesinya Sem mengingatkan kepada para peserta bahwa kegiatan menulis itu menyenangkan apabila terus-menerus dilakukan. “Kalau menulis itu terus dilakukan, bisa dibayangkan kalau kita (penulis) yang dikuasai oleh tulisan kita,” pungkasnya.

Pelatihan Menulis ini dilaksanakan selama 2 hari, dari Sabtu sampai Minggu. Dengan pesertanya yaitu sebagian dari anggota GMKI cabang Salatiga, dan sebagian yang lain adalah para redaktur tulis Lembaga Pers Mahasiswa Scientiarum UKSW.





0 komentar:

Posting Komentar